Cara reset sandi facebook yang lupa dengan nomer HP

Hi segala, Yang namanya manusia pasti pernah lupa. Seandainya ga pernah lupa, bukan manusia sih namanya robot kali . Terkait sama hal ini, saya sendiri juga acap kali banget lupa, terpenting sama yang nama nya “kata kunci”.

Kalau dahulu sebelum punya catetan, lazimnya kalau udah ga login lebih dari sebulan, pasti lupa sama passwordny

Dikala ini sih saya punya catetan tersendiri di HP pakai google keep, untuk semua data login yang kerap kali saya gunain. Saya juga simpan password di avast untuk semua kata kunci yg pernah saya save di laptop, banyak banget ratusan lebih saved passwordnya. Mengapa sampe segini? saya sendiri merupakan seorang blogger, untuk mensupport pelaksanaan blogging, banyak laman yang bisa dipakai, dan umumnya mereka minta login dulu.

Kecuali itu, saya sendiri termasuk avid reader, suka baca manga dan novel online, jadi situs2 seperti ini juga umumnya aku bikin akunnya, biar bisa nyimpen history manga/novel apa aja yang pernah saya baca.

Di jaman kini, nyimpan kata sandi bisa lebih gampang memang, tapi tetap semestinya hati2, google keep ku sendiri udah sync ke akun google, klo telpon seluler sirna, dapat di wipe dari jauh asalkan ada akses internetnya, dan avast kata sandi jg sama, tersync keserver mereka dan untuk pakai kata kunci tsbt semestinya masukin “master kata sandi”, sedikit ribet jelasinnya. Point pentingnya disini yaitu, simpan kata kunci biar ga lupa, dan simpan dengan aman.

Balik lagi kepembicaraan permulaan, kali ini aku akan ngomongin cara atasi situasi sulit lupa kata sandi facebook. Karna saya liat banyak banget pengguna facebook yang masih belum tau dan kelabakan ideal ga dapat masuk ke akun fbnya.

Tulisan ini akan aku bagi jadi beberapa bagian, dan akan terus saya update jikalau ada perubahan dari cara fb-nya.

A. Cara reset kata sandi facebook dengan nomor telepon pintar
B. Cara reset kata sandi facebook dengan email
C. Metode reset kata sandi facebook TANPA nomor telpon seluler ataupun surel

Untuk sementara, aku hanya akan bagi jadi tiga part diatas. Sekiranya tidak dapat akses ke nomor smartphone dan surat elektronik harus bisa dengan sistem lain, jikalau ga salah dengan pertanyaan keamanan dan minta bantuan teman. Hanya saya masih belum eksplore seluruh, jadi saya akan tambahkan lagi nanti.

A. Cara reset kata sandi facebook yang lupa dengan nomer telepon seluler

Ok, lets start. Mohon dibaca dengan seksama ya supaya tak gagal. Dan segera di praktek-kan, biar lebih mudah pahamnya.
Persiapan permulaan

Yang perlu disiapkan diawal ini, yakni nomer hp aktif berhubungan dengan akun tsbt, dan juga jalan masuk dunia maya dari jaringan yang dikenal, lokasi yang dikenal, dan perangkat yang diketahui.

Ga bisa disampingkan, facebook, dan bukan hanya facebook, itu mengumpulkan ribuan hingga jutaan data dari tiap2 kita, everything we say, everything we do, everything we type, send or like, is recorded into data.

Hal ini untuk mempermudah facebook melaksanakan “improvement” dan men-segment user untuk berbagai keperluan seperti salah satunya menonjolkan iklan.

Ok, kembali lagi ketopik permulaan, mengapa perlu reset dari perangkat/hp/notebook/tablet yang dikenal, jaringan yang diketahui, ini kongkretnya dilaman support fb, saya stabilo warna kuning. Intinya ini membantu menandakan kepemilikan akun.


Jangan sepelekan, karna banyak juga yang gagal, meskipun punya akses ke pilihan recovery . Kemungkinan besar karena hal ini. Jadi sebaiknya jangan reset dari warnet/komputer publik, sebaiknya gunain smartphone kau sendiri untuk reset, sekiranya dirumah memang tidak punya pc/laptop.
Langkah-langkah reset sandi facebook yang seharusnya kau ikuti.

1. Pertama, buka website ini : facebook.com/login/identify


Situs ini merupakan website “pencarian akun”. Disini kau bisa mencari akun kau yang ingin di reset kata sandinya. Untuk menemukan akun FB kamu, kamu dapat memasukkan Surat, Telepon, Nama pengguna dan Nama lengkap.

2. Cari akun kamu dengan nomer telepon (nomor hp)

Seperti yang udah aku sebutin diatas, bahwa kamu dapat mencari akun dengan 4 cara.

Disini saya telah coba dapatkan akunku dengan mengaplikasikan nama pengguna “y2.yudha”, dan akun ku berhasil ditemukan.


Lalu saya ulang pencarian dengan menggunakan nomor telpon seluler, dan ketemu juga.

Tapi ada perbedaan kalau mencari dengan no hand phone vs mencari dengan nama pengguna.

Perbedaan inilah yang menjadi point penting, saat aku coba reset dengan memasukkan nama pengguna, kode yang aku minta tidak masuk-masuk. Sesudah itu aku ulang dari awal, masih menggunakan nama pengguna untuk mencari akunku, dan konsisten juga kode untuk mengatur ulang sandi tak masuk juga.

Akibatnya aku coba mencari akun dengan nomor hand phone seperti dibawah ini, dan kode nya pun masuk.


Jadi facebook lebih mengevaluasi plus apabila kau tau segera nomer telpon pintar yang berkaitan dengan akun hal yang demikian. Ngerti kan maksudku?

3. Pilih “Kirimi saya SMS berisi kode untuk memegang ulang kata sandi” dan klik “Lanjutkan”

Seperti yang kau liat dibawah, nomor telepon pintar nya lantas timbul segala angka nya. (Ditiru ini saya sensor)

Jika aku mencari akun dengan nama pengguna “y2.yudha”. Karenanya nomor hp yang muncul di fb adalah seperti ini “+***********09”. Nomer hp akan di sensor (di beri bintang ) oleh fb, jadi jika mencari dengan nama pengguna, nomer hand phone tidak akan ketauan.


Nah, itulah Point penting yang saya sebutin sebelumnya. Banyak temen-temen yang ngeluh karna mereka ga nerima kode verifikasi ke nomer smartphone, meski nomernya bener. Ini karna mereka cari akunnya dengan nama pengguna. Intinya apabila kau cari akunnya dengan no telpon pintar atau surel, itu ada nilai plus dari system, karna lazimnya yang tau nomer smartphone atau surel kau, hanya kau sendiri atau orang-orang yang kamu ketahui.

Seandainya nama pengguna, itu dapat diketahui oleh semua orang. Segala orang tanpa terkecuali, bisa memandang url facebook kau kan ? url facebook ku ialah https://www.facebook.com/y2.yudha , dan dari sana keliatan nama penggunanya.

Note :

Kecuali itu, point penting lainnya yang seharusnya diinget yaitu, reset dengan memakai komputer atau perangkat yang di kenal juga memberikan nilai plus, observasi kotak merah digambar di atas. Disana tertulis “Anda bisa mengamati nama dan foto profil Anda sebab sebelumnya anda sudah masuk ke jaringan komputer yang anda pakai”.

Ini karna saya melakukan reset dari notebook yang biasa saya gunakan untuk login ke akun tersebut.

Apabila aku coba reset sandi fb diwarnet, yang keliatan hanya nama lengkap “muhammad yudha” tanpa keliatan gambar profil. Dan ini kadang bikin linglung, karna yang punya nama pengguna yang sama di FB itu sangat banyak.

Bila saya reset di warnet, saya akan keder untuk cari akun ku.Sebab banyaknya pengguna dengan nama yang sama. Dan bukan tidak mungkin, saya salah pilih akun, dan bahkan coba reset password akun orang lain. Kecuali ini tentu saja bakal bikin susah, karna aku ga akan sukses melakukan reset kata kunci akun tsbt.

Jadi simpulannya adalah untuk menemukan akun kau, carilah dengan nomor telpon seluler maupun e-mail lantas. Bukan dengan nama pengguna maupun nama komplit. Selain itu pakai komputer atau perangkat yang awam kau pakai untuk login di akun tsbt, jangan melewati warnet maupun perangkat baru yang belum pernah dipakai untuk login ke akun tsbt.

4 .  sesudah itu cek HP atau smartphone kau untuk memandang SMS yang dikirimkan oleh facebook.


5. Masukkan kode keamanan yang didapatkan melalui sms tersebut kedalam kolom yang tersedia dilaman dibawah ini.


Sekali lagi saya ingat kan, karna masih ada pembaca artikel ini ada yang nanya, mengapa kode 6 digit dari fb tak masuk ke HP atau emailnya ? Sekiranya kamu baca dengan seksama tulisan ini, harusnya kau udah dapet jawabannya. Itu karna ketika kau mencari akun, kau cari dengan nama pengguna atau nama lengkap.

Jikalau kamu mau reset kata kunci fb dengan nomor telpon seluler, karenanya cari akun kamu dengan nomor telepon seluler seperti yang udah aku jelasin diatas, Jikalau kau berharap reset dengan surel, cari akun kau dengan alamat email.


Apabila masih belum menerima kode, kau bisa klik tautan biru “Belum menerima kode?”, digambar diatas. Nanti FB akan resend kodenya. Seandainya nanti terbukti masuk dua sms berturut-turut, karna kau minta resend kode, kamu gunakan kode yang diperoleh terakhir.

Sesudah masukkan kode keamanan, jangan lupa klik lanjutkan.

6. Sesudah itu, masukkan kata sandi baru dilaman dibawah ini.


Sekiranya udah muncul laman seperti diatas, sebenernya kau udah berhasil dalam proses reset sandi facebook. Kau cuma perlu memasukkan sandi baru yang kamu inginkan, lalu klik tombol “lanjutkan”, dan semestinya prosesnya selesai hingga disitu.

7. Pengerjaan reset akun fb yang lupa sandi malah selesai

Sesudah klik lanjutkan di langkah sebelumnya, biasanya kau akan dibawa ke beranda. Tetapi kadang-kadang ada langkah tambahan yang timbul.

Langkah2 dibawah ini yakni langkah opsional (langkah tambahan), dan dapat timbul dapat juga enggak. Kalau muncul tinggal ikutin aja cara kerja dibawah ini.


Seandainya kamu ingin seluruh perangkat yang berhubungan dengan akun fb kamu, dipaksa untuk log out, kau bisa pilih opsi pertama seperti gambar diatas.

Sesudah Klik “lanjutkan” lazimnya kau akan dibawa keberanda. Namun kalau udah lama ga login dan cek fb, kemungkinan akan muncul langkah tambahan seperti dibawah ini.

Kamu udah login sih sebenernya disini. Jadi kamu bisa “memungkiri” langkah dibawah ini, dan melihat inbox atau beranda kau.

Saya sendiri sih memberi saran untuk ikuti aja langkah berikut ini, karna tujuannya untuk keamanan akun juga.


Klik “mulai”, sesudah itu akan ada metode check yang akan cek hal-hal berhubungan sama akun kau. Bila tidak ada persoalan, akan timbul website seperti dibawah ini. Ini artinya akun kau aman.


Kamu dapat keberanda dengan mengklik tombol putih “Buka kabar berita” atau kau dapat set keamanan ekstra dengan mengklik “Aktifkan keamanan Ekstra”

Disini saya coba untuk aktifkan keamanan ekstra, lalu timbul website baru seperti dibawah ini.


Kau dapat centang kedua alternatif diatas untuk keamanan ekstra, saya sendiri pilih untuk ga centang. Karna males aja dapet pemberitahuan melalui e-mail. Bikin penuh inbox surat elektronik aja sih. Hingga disini seluruh pengerjaan telah selesai.

B. Cara reset kata sandi facebook melalui Email

Sistem kedua ini dilakukan kalau kau tak punya jalan masuk ke nomor telepon seluler yang berkaitan dengan akun facebookmu. Entah karna nomer telepon pintar hilang atau sudah tidak aktif.

Kau bisa baca tulisan hal yang demikian disini : Metode membuka akun facebook yang lupa kata sandi dengan menerapkan surat elektronik

C. Sistem reset kata sandi facebook TANPA nomor HP dan Email

Apakah ada sistem lain untuk membuka akun fb yang lupa kata sandi, tanpa menggunakan nomor HP dan e-mail ? ditahun 2015, kamu bisa mereset sandi akun fb kamu dengan “minta bantuan 3 orang teman”. Melainkan system facebook terus berkembang, dan diperbaharui sehingga dikala ini banyak opsi atau pilihan yang dihapus atau tidak dimunculkan secara default.

Lalu apa ada opsi lain ?

Ada, pilihan lain yaitu dengan verifikasi identitas (setauku ini system lama juga), menerapkan KTP, SIM atau kartu pelajar, maupun kartu identitas lainnya. Kamu akan upload kartu identitas tersebut ke facebook, lalu pihak facebook akan memverifikasi secara manual, dan mempertimbangkan apakah kamu merupakan pemilik sah akun, menurut kartu identitas yang kamu masukkan.

Metode ini sedikit bikin ribet, dan panjang, saya sendiri belom coba cara ini hingga selesai. Cara ini pernah dapat saya coba 1 kali, setelah itu ga timbul lagi, ga dapat saya akses.

Karna beragam alasan, mungkin aku ga bakal tulis komponen ini. Untuk sementara, kamu dapat cari mengenai hal ini dilaman help center facebook. Sejauh yang saya tau, dari segala blog di website pertama google untuk kata pencarian ” Lupa kata sandi facebook” , tidak ada satupun yang membahas sistem ini. Kamu dapat coba search dengan kata pencarian lain digoogle, melainkan aku lebih nyaranin untuk baca dan cari dulu di help center facebook.

Jangan lupa baca juga komentar dibawah, karna sering kali pertanyaan yang mau ditanyakan, udah ada yang nanyain dan udah dijawab di komponen komentar.

Seandainya konsisten masih ada yang berharap ditanyakan, feel gratis to comment. Jangan lupa share bila dirasa berguna.

0 Response to "Cara reset sandi facebook yang lupa dengan nomer HP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel