5 Cara Membersihkan Flashdisk dari Virus dengan Mudah

Flasdisk merupakan media penyimpanan paling praktis. Benda ini tidak repot dibawa kemana-mana sebab ukurannya yang kecil. Memindahkan data malahan tergolong mudah. Sebab itulah, meski sekarang sudah banyak hard disk eksternal, flashdisk masih konsisten populer digunakan. Terlebih lebih banyak yang memindahkan data-data ringan menerapkan flashdisk.

Karena flashdisk sangat populer, tak aneh jika kemudian para pembuat virus menargetkan flasdisk untuk menyebarkan virus, worm, atau trojan. Terlebih sebab flasdisk lebih banyak bermigrasi-pindah dari satu komputer ke komputer lain.

Virus di flashdisk biasanya menargetkan file di flashdisk yang kemudian tidak bisa dibaca dikala dibuka. Atau virus shortcut yang entah dari mana tiba-tiba muncul di flashdisk. Nah, jika flashdisk Anda terkena virus dan Anda bingung, jangan cemas! Carisinyal akan memberikan sistem membersihkan flashdisk dari virus.

5 Cara Membersihkan Flashdisk dari Virus

1. Lakukan scanning memakai antivirus



* sumber: pixabay.com

Virus yang tersebar senantiasa dapat dipecahkan menerapkan antivirus. Apalagi sekiranya antivirus Anda telah diperbarui (update). Nah, sebelum membuka file di flasdisk, langkah paling mudah ialah dengan cara seketika scanning flasdisk dikala sudah terbaca di metode operasi PC Anda.

Kalau setellah dikerjakan pemindaian (scanning) pada flasdisk dan tak ditemui virus, berarti flashdisk Anda bagus-bagus saja. Kalau terbukti ada virus, segera pilih saja “delete” untuk menghapus virus tersebut secara permanen.

Untuk program antivirusnya, Anda bisa pasang Kaspersky, Avast, Windows Defender, atau BitDefender. Program antivirus yang sudah diceritakan tersebut cukup ampuh membasmi virrus dan sudah masuk sebagai program antivirus terbaik.

Jika ingin lebih mengembangkan pembasmian virus, Anda dapat menggunakan antivirus lokal SMADAV . Antivirus ini juga ampuh untuk memberantas antivirus yang tersebar di Indonesia.

2. Menghapus dengan CMD

Virus yang menyerang flasdisk umumnya merupakan virus yang membikin banyak shortcut. Ini jenis virus yang tidak dapat dihapus sedangkan Anda sudah menekan “del’ atau “shit+del”. Virus ini biasnya menampilkan data file Anda dalam bentuk shortcut. Sementara data Anda disembunyikan oleh virus. Virus ini memang terlihat tidak berbahaya namun cukup menjengkelkan sebab sering menyembunyikan data.

Untuk menghilangkan virus ragam ini, Anda tak perlu mengaplikasikan antivirus. Cukup gunakan eprintah “CMD”. Dengna instruksi ini, virus Anda bsa sirna tanpa menghilangkan data penting Anda yang tersimpan. Untuk diketahiui, sesekali ada antivirus yang bekerja membersihkan data dengan sistem menghapus seluruh data yang ada di flashdisk.

Untuk menghilangkan virus ini, perhatikan skor-poin berikut.
  • Tancap flashdisk ke komputer atau notebook
  • Aktifkan show hidden file. Ini akan menampilkan file atau folder yang statusnya “hidden file”. Lihat gambar untuk cara mengaktifkannya.

  • Sesudah itu, buka program CMD . DI Windows 10, Anda tinggal ketik “CMD” di komponen ‘search”. Di Windows versi lain, tinggal mencet tombol “Windows+R”.Ketik lokasi flasdisk Anda.
  • Kalau ada di partisi F., karenanya ketiklah “f:”, kalau di partisi “G” maka ketik “G”.
  • Kemudian ketikan “-s -r -h /s /d”. Setelah itu tekan enter. Perhatikan gambar untuk model.


Sesudah melaksanakan langkah tersebut, cek di flashdisk, data Anda lazimnya akan kembali. Virus shortcut memang masih ada melainkan Anda bisa menghapusnya. Sebaiknya sesudah ini, pindahkan dahulu data penting Anda dari flashdisk. Kemudian format flahsdik. Sistem ini efektif agar virus shortcut tak kembali lagi sebab lazimnya setelah hilang, cek di komputer lain, virus shortcut akan muncul kembali.

3. Menghapus menggunakan Removal Tool


Apabila Anda tak puas menghapus virus dengan antivirus, Anda juga dapat menanfaatkan progrma bernama “removal tool”. Anda cukup cari program removal tool di Google. Melainkan untuk melaksanakan hal ini, Anda perlu tahu ragam virus yang menginfeksi flashdisk Anda. Sekiranya nama virus sudah terdeteksi, umumnya menghapus virus menggunakan removal tool lebih ampuh dibanding antivirus sendiri.

4. Menghapus secara manual


Anda dapat menghapus virus dengan manual tanpa membutuhkan program antivirus. Melainkan untuk mengerjakan hal ini, Anda perlu menghapusnya dengan mengaplikasikan sistem operasi lain. Yang paling gampang menerapkan Linux.

Ada banyak distributor Linux yang ukurannya kecil sehingga gampang dipasang di flashdisk dan lagnsung boot memakai flashdisk yang terpasang Linux hal yang demikian. Pertanyaannya mengapa menghapusnya patut menerapkan sitem operasi lain?

Jawabannya mudah karena virus umumnya menyerang sitem operasi Windows. Alias virus di flashdisk cuma akan aktif seandainya flashdisk dipasangkan ke cara operasi Windows. Dengan Linux, Anda bisa gampang menghapus virus-virus di flashdisk tanpa takut sitem operasi Windows yang Anda pakai terinfeksi.

5. Memanfaatkan antivirus portabel


Kecuali keempat metode hal yang demikian, Anda juga bisa menghapus virus di flashdisk menerapkan antivirus portabel. Antivirus ini dapat berkhasiat seandainya Anda mengaplikasikan komputer lain, seperti komputer sahabat Anda. Anda tak perlu repot menginstal antivirus. Cukup download antivius portabel, jalankan, dan lakukan scan pada flasdisk Anda.

Demikianlah penjelasan soal sistem menghapus virus dari flashdisk. Diantara keempat cara, yang paling gampang merupakan dengan memformat flashdisk. Cara ini lebih efektif dan cepat namun beresiko sebab akan banyak data yang akan terhapus. Seandainya Anda punya cadangannya sih tak akan situasi sulit namun lain cerita jika data hal yang demikian belum dicangkan alias back-up.

0 Response to "5 Cara Membersihkan Flashdisk dari Virus dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel