3 Cara Screenshot di Laptop dan PC yang Bisa Anda Coba (Support Windows 7, 8 dan 10)

Ada kalanya kita memerlukan screenshot dari layar laptop atau PC kita sendiri guna mendemontrasikan suatu langkah pada artikel tutorial atau cuma sekedar mengambil screenshot dari suatu situs.

Bagi saya, mengambil screenshot merupakan hal penting. Kenapa? Untuk memperjelas tutorial yang saya bagikan pada blog ini, saya perlu adanya screenshot pada setiap langkah-langkahnya agar pembaca blog saya memahami dengan baik apa yang saya jelaskan.

Sebenarnya ada sebagian cara screenshot di notebook atau PC yang bisa anda pakai, salah satunya dengan mengaplikasikan tombol keyboard PrtScr atau PrintScreen, kemudian paste di program Paint. Cara ini adalah cara yang paling acap kali diterapkan, namun sayang cuma dapat mengambil screenshot satu layar penuh, kita tak dapat menyesuaikan ukuran layar yang kita inginkan.

3 Sistem Screenshot di Laptop dan PC

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa ada sebagian cara yang dapat diterapkan untuk mengambil screenshot di notebook atau PC anda. Dalam tulisan kali ini, saya hanya menjelaskan sistem yang berdasarkan saya gampang dan gak ribet. Baiklah, simak 3 metode screenshot di komputer jinjing ataupun PC berikut ini:

1. Menggunakan tombol PrtSc

Menggunakan tombol PrtSc atau Print Screen untuk mengambil screenshot pada layar sangatlah gampang, caranya sebagai berikut:

1. Misalkan disini aku berkeinginan screenshot tampilan web Nesaba Media. Silakan tekan tombol PrtSc atau Print Screen yang umumnya terletak di pojok kanan atas keyboard.


2. Kemudian buka program Paint dengan metode mengetikkan “paint” pada Start Menu. Tampilan programnya kurang lebih seperti ini:


3. Sesudah itu tinggal klik kanan > Paste atau dengan menekan tombol Ctrl+V.


Kekurangan cara ini, kita tak bisa menentukan sendiri zona mana saja yang berharap kita screenshot. Jadi cara ini saya rasa kurang total untuk keperluan mengambil screenshot.

2. Menerapkan tombol Alt+PrtSc

Cara ini diterapkan untuk screenshot jendela program atau aplikasi yang aktif saja, bukan full screen. Caranya sebagai berikut:

1. Tentukan dahulu jendela program mana yang berharap anda screenshot. Pada figur kali ini aku hanya mau screenshot layar program Excel saja. Jadi terlebih dulu arahkan cursor pada jendela Excel, kemudian tekan tombol Alt+Prtc.

2. Sama halnya dengan metode pertama, buka program Paint kemudian pastekan dengan metode klik kanan > Paste atau dengan menekan tombol Ctrl+V. Kesudahannya nanti seperti ini:


Kekurangan sistem ini hampir sama seperti cara pertama, kita masih belum sepenuhnya leluasa memutuskan zona mana saja yang mau kita screenshot, kita hanya dikendalikan mengambil screenshot pada jendela program yang aktif saja.

3. Menerapkan Snipping Tool (Dianjurkan)

Snipping tool ini adalah program turunan windows yang fungsinya memang dipakai untuk melaksanakan screenshot layar. Berikut cara screenshot menggunakan Snipping Tool:

1. Buka program Snipping Tool dengan metode mengetikkan “snipping tool” pada Start Menu. Atau anda juga dapat membukanya dengan menekan tombol Ctrl+R, lalu ketikkan snippingtoolkemudian tekan Enter.

2. Untuk menjalankan screenshot, tinggal klik New kemudian screenshot area yang anda inginkan.


Ada sebagian opsi pada Snipping Tool yang bisa anda gunakan untuk keperluan screenshot layar, sebagian diantaranya:

Free-form Snip : Digunakan untuk menyeleksi bebas (tidak beraturan).
Rectangular Snip (default) : Dipakai untuk menyeleksi layar komputer jinjing atau PC secara persegi.
Window Snip : Penerapannya sama seperti Alt+Prtc, ialah untuk menyeleksi jendela program yang aktif saja, bukan full screen.
Full-screen Snip : Diterapkan untuk screenshot satu layar penuh. Sama seperti pada metode pertama.

Mengaplikasikan program Snipping Tool untuk keperluan mengambil screenshot saya rasa sudah lebih dari cukup. Snipping Tool ini ialah program turunan windows, jadi anda tak perlu mengunduhnya dari dunia online.

Apakah ada program lain kecuali turunan windows? Yup tentu saja banyak, salah satunya Picpick(program yang tak jarang aku gunakan), fungsinya sama saja dengan Snipping Tool, tapi program ini juga bisa diterapkan untuk keperluan editing ringan, sedikit lebih unggul dari Snipping Tool. Baiklah, sekian tulisan mengenai 3 cara screenshot di notebook atau PC. Semoga bermanfaat!

0 Response to "3 Cara Screenshot di Laptop dan PC yang Bisa Anda Coba (Support Windows 7, 8 dan 10)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel