5 Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca dengan Mudah

Keperluan akan flashdisk memang cukup penting bagi beberapa orang. Pasalnya, flashdisk dapat dibuat tempat penyimpanan data dan file sementara bagi mereka yang membutuhkan. Kala, flashdisk juga akan amat bermanfaat untuk dibuat daerah backup untuk file-file penting.

Tetapi, ada kalanya di mana flashdisk mengalami kerusakan sehingga tak dapat terbaca pada notebook maupun PC Anda. Karenanya dari itulah, kali ini kami memberikan tips dan trik untuk para pembaca dalam mengatasi flashdisk yang tidak terbaca di PC / notebook dengan gampang dan praktis. Berikut ulasannya, dapat disimak sampai akhir, ya.

5 Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca

1. Cek Port USB pada PC/Laptop


Pertama, untuk metode mengatasi flashdisk yang tidak terbaca adalah dengan mengecek keadaan port USB yang akan digunakan. Ada kemungkinan, port USB pada komputer jinjing sedang mengalami kerusakan sehingga tak dapat membaca flashdisk Anda.

Untuk mengeceknya sungguh-sungguh gampang, Anda bisa coba mencolok flashdisk ke port USB yang ada di notebook lain. Sekiranya memang flashdisk bisa terbaca di port USB komputer jinjing lainnya, maka besar kemungkinan port USB yang ada di notebook Anda sedang bermasalah.

2. Cek Flashdisk


Selain port USB, Anda juga perlu antisipasi kerusakan yang ada pada flashdisk. Anda dapat mengecek situasi flashdisk yang sekarang tengah Anda gunakan, apakah flashdisknya masih baik atau memang sudah rusak. Pasalnya, sekiranya flashdisk Anda memang mengalami kerusakan, secara otomatis flashdisk tak akan dapat terbaca di laptop Anda.

Cara mengecek flashdisknya, Anda dapat coba mencolokan flashdisk lain ke port USB yang ada di komputer jinjing Anda. Jika flashdisk lain berhasil dibaca oleh laptop Anda, berarti memang flashdisk Anda kemungkinan mengalami crash atau kerusakan. Jadi, memang benar-benar wajar kalau flashdisk Anda tidak bisa dibaca oleh laptop, kan?

3. Cek Flashdisk dengan Fitur yang Ada di Windows

Sesungguhnya, Windows mempunyai fitur untuk mengerjakan scanning flashdisk. Pemindaian pada flashdisk ini juga dapat membetulkan atau memecahkan flashdisk yang memang ada kerusakan. Kalau ditemukannya ada kerusakan, maka secara otomatis Windows akan memperbaiki flashdisk kita.

Bisanya, yang merusak flashdisk yakni absensi virus. Untuk itu, Anda dapat ikuti beberapa langkah ini untuk mengerjakan scanning sebagai salah satu metode menuntaskan flashdisk yang tidak terbaca. Berikut langkah-langkah praktisnya:
  • Colokan flashdisk pada port USB di laptop ataupun PC Anda.
  • Kemudian, Anda bisa klik kanan pada simbol Windows dan pilihlah Disk Management.

  • Lalu, pilihlah Disk Flashdisk Anda. Di sini, Disk yang ada pada Flashdisk berada di (E) karenanya kami klik kanan pada (E).
  • Sesudah Anda mengklik kanan, pilihlah properties dan akan otomatis timbul Windows baru.
  • Lalu, Anda dapat klik tools dan pilihlah fitur check.
  • Terakhir, Anda dapat klik scan and repair drive dan tunggulah sebagian ketika hingga selesai.

Nah, sesudah Anda menjalankan scanning maka Anda dapat mencoba lagi dengan mencabut flashdisk dan mencolokannya lagi ke port USB. Kini, flashdisk Anda telah sukses terbaca di laptop, bukan?
4. Format Flashdisk dengan CMD


Telah menjalankan segala cara di atas, tetapi tetap flashdisk tak terbaca. Tenang saja, Carisinyal masih punya cara memecahkan flashdisk yang tidak terbaca lainnya, yaitu dengan cara menghapus alias menjalankan bentuk pada flashdisk Anda.

Ya, memang sistem yang satu ini terbilang ekstrem apalagi Anda mempunyai banyak file penting di flashdisk. Namun, metode ini juga bisa disebut cara yang tepat sasaran, sebab bisa saja di dalam flashdisk Anda tersebar virus yang membuatnya tidak dapat terbaca di PC ataupun laptop.

Lalu, bagaimana caranya melakukan wujud seandainya flashdisknya saja tak dapat terbaca? Gampang, kok, sebab Windows punya fitur CMD yang dapat membantu Anda untuk melakukan wujud ulang pada flashdisk. Jika Anda berkeinginan mencoba metode memecahkan flashdisk tidak terbaca yang satu ini, maka dapat ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Pertama, tentu Anda patut mencolokan atau memasang flashdisk pada port USB yang ada di PC.
  • Bila sudah terpadang, Anda dapat klik Windows dan seketika ketik Setelahnya, akan muncul Windows CMD secara otomatis.
  • Kini, Anda dapat ketikan FORMAT F: /FS:FAT pada CMD tersebut. Perlu dikenal, bahwa huruf F yang ada di bagian pertama formatnya menunjukan lokasi flashdisk. Jadi, Anda dapat menyesuaikannya dengan lokasi flashdisk masing-masing, sebab lokasi flashdisk dapat berbeda. Ada yang di F, E, atau D.
  • Di akhir, Anda sekarang cuma perlu mengklik enter. Secara otomatis, flashdisk Anda akan diformat oleh Windows dan menghapus semua file yang ada di flashdisk hal yang demikian.
5. Format Flashdisk dengan Disk Management



Disk Management juga dapat menjadi salah satu solusi untuk Anda yang mengalami situasi sulit flashdisk tak terbaca. Ya, metode ini juga akan menghapus atau mengerjakan wujud untuk semua file yang ada pada flashdisk Anda.

Pada sistem sebelumnya, Disk Management ini dapat untuk mengerjakan scanning and repair drive. Tapi, kali ini Carisinyal akan mengulas metode menjalankan format ulang flashdisk di Disk Management. Berikut beberapa langkah yang patut Anda ikuti:
  • Seperti lazim, Anda wajib memasang flashdisk ke notebook atau PC Anda.
  • Kemudian, klik menu windows dan langsung ketikan msc. Secara otomatis, akan segera timbul jendela program compmgmt.
  • Setelah itu, Anda dapat segera klik menu Disk Management.
  • Sekiranya telah, karenanya secara otomatis akan muncul jendela Disk Management dengan sebagian isu mengenai semua partisi yang ada di notebook / PC Anda, termasuk flashdisk.
  • Nah, kini Anda cuma perlu memilih bagian partisi flashdisk, baik itu di E, F, D, ataupun lainnya. Pastikan Anda memilih lokasi flashdisk bukan lokasi hardisk, ya. Jikalau salah memilih lokasi flashdisk, nantinya justru akan mem-bentuk partisi hardisk.
  • Sesudah Anda yakin dengan lokasi flashdisknya, kini Anda bisa klik kanan dan pilihlah fitur wujud.
  • Terkahir, tunggulah sampai progres penghapusan dan format selesai. Dan sekarang, flashdisk Anda telah berhasil diformat ulang. Gampang, kan?
Begitulah beberapa metode menuntaskan flashdisk yang tidak terbaca di laptop maupun PC dengan mudah. Anda dapat mencoba salah satu caranya. Namun, jika punya cara lainnya, silakan sharing di kolom komentar, ya. Dan untuk Anda yang punya situasi sulit USB Not Recognized, bisa cek caranya di tulisan ini. Semoga membantu!

0 Response to "5 Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel